1

PERBEDAAN VGA On & VGA ADD On

Posted by Unknown on 20.02 in
Perbedaan VGA On Board dan VGA Add On
Kali ini saya akan berbagi sedikit menganai komponen2 pada komputer / PC
yang pertama, ini yang sering menjadi topik utama anak2 muda yang hobi otak-atik komputer

"Apa sih Perbedaan VGA On dan VGA Add On ??"

Inilah pertanyaan yang sering muncul dibenak kita bila kita mendengar kedua jenis VGA ini.
Berikut ini adalah perbedaannya:
VGA singkatan dari Video Graphics Accelerator, berfungsi untuk mengolah data gambar (graphic) dan menampilkannya ke monitor. VGA juga memiliki processor sendiri yang dinamakan GNU (Graphics Processing Unit) dan membutuhkan memory juga.
berbeda dengan Vga Onboard yang tidak memiliki Processor sendiri dan memory sendiri karena VGA onboard memakai porcessor dan RAM pada motherboard.
Perbedaan VGA On dan VGA Add On (OffBoard) :

1. VGA OnBoard (kartu grafis onboard) yang sering disebut kartu grafis terintegrasi. Mengapa??? karena kartu grafisnya telah terintegrasi pada mainboard komputernya. Kartu grafis onboard memiliki dua tipikal yaitu :a. Kartu grafis onboard yang telah memiliki memori RAM yang tertanam pada mainboard (mainboard jenis ini jarang ditemui di pasaran karena harganya cenderung lebih mahal dari pada mainboard yang berkartu grafis onboard biasa).b. Kartu grafis onboard yang mengambil memori dari RAM utama komputer (mainboard jenis ini banyak di temui dipasaran dikarenakan harganya yang lebih murah dari jenis mainboard lainnya). Karena kartu grafis onboard jenis kedua ini mengambil memori dari RAM utama komputer maka biasanya ukuran RAM komputer kita akan berkurang sebanyak jumlah yang dipakai kartu grafis onboard tersebut

VGA OnBoard


2. VGA Add-On (kartu grafis Add-On) yang biasa disebut dengan kartu grafis tambahan merupakan kartu grafis yang terpisah dan harus ditambahkan pada computer kita. Kartu grafis jenis ini umumnya mahal dan memiliki kinerja jauh lebih baik dibanding kartu grafis onboard kebanyakkan. Bagi para penggila game 3 dimensi atau butuh kinerja kartu grafis yang handal seperti penggunaan program video editing atau program 3 dimensi, jangan salah pilih pastikan ketika kamu membeli komputer lengkapi dengan kartu grafis add-on bukan hanya sekadar onboard saja.
Jangan lupa, kinerja kartu grafis juga ditentukan dengan besar memori dan kecepatan kartu grafis tersebut. Umumnya, orang akan lebih memperhatikan besarnya memori kartu grafis saja. Mengapa demikian??? Karena biasanya semakin besar memorinya maka kecepatannya pun semakin tinggi. Untuk kartu grafis onboard kita bisa dengan mudah merubah ukuran memori kartu grafis ini dari setting pada CMOS (BIOS). Sedangkan untuk kartu grafis add-on kita hanya bisa mengubah ukurannya dengan menggantinya dengan yang baru.

Beberapa Jenis Jenis VGA Add-On

VGA AGP 64 MB dual PORT


VGA PCI



VGA PCI Express

VGA PCI Express




Yang membedakan diantara ketiganya adalah slot yang di gunakan jadi dalam pemasangan vga card hanya akan berbeda pada letaknya saja.cara memasang vga card tidaklah sulit dan dapat di lakukan siapa saja yang mau berusaha karena tidak harus memerlukan keahlian khusus hanya jika ingin memasang vga card harus hati hati.
cara memasang vga card yang blogger sragen berikan ini kayaknya sudah banyak yang mengetahui dan saya yakin telah banyak pula yang tahu cara memasang vga card namun tidak ada salahya jika blogger sragen ini memeberikan cara memasang vga card kepada anda yang kepingin belajar. Untuk memasang vga card yang di perlukan hanyalah VGA Card, Obeng dan skrup.




Sumber :www.google.com

1 Comments


mantap, nambahh ilmu

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Copyright © 2009 Dunia Digital All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.